Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

YUDA PRA - PROFILE

www.yudapragitar.com        Yuda Pra lahir di sebuah daerah di Jawa Tengah pada 6 Juli 1976, mewarisi darah seni ibunya yang pernah tergabung dalam grup musik keroncong pada masanya. Belajar bermain gitar sejak kelas 2 SMP. Kecintaannya pada seni khususnya instrument gitar sangat kuat, Pernah menimba ilmu Seni Musik di kota Yogyakarta, Yuda Pra akhirnya menyelesaikan pendidikan S1 nya di Fakultas Teknik sebuah Universitas swasta di Kota Semarang, ketrampilanya dalam bermain gitar tidak lepas dari pendidikan musiknya di Yamaha Musik Indonesia (Gitar Klasik), karirnya didedikasikan untuk dunia pendidikan dan entertainment. Menjadi staf pengajar di lembaga pendidikan musik dan privat class untuk instrument Gitar dan Bas. serta menjadi team penguji atau Asesor di  LSP MI ( Lembaga Sertifikasi Profesi Musik Indonesia) di bawah naungan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Republik Indonesia. TEACHING EXPERIENCE : Pengajar Seni Musik Untuk Gitar Klasik, Stamford Internati

YUDA PRA - NARSUM PBK DAN TEAM ASESOR LSP MI DI SERTIFIKASI KOMPETENSI MUSIK KARAWANG 2024 - EKRAF DISPARBUD KAB KARAWANG

 

www.yudapragitar.com

NARSUM PBK DAN TEAM ASESOR LSP MI DI SERTIFIKASI KOMPETENSI MUSIK KARAWANG  2024

    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang memberikan pelatihan dan uji sertifikasi profesi kepada 100 orang musisi di Karawang. Pelatihan berlangsung pada Kamis (18/7) hingga Jumat (19/7), kemudian untuk uji sertifikasi berlangsung pada Sabtu (20/7) hingga Minggu (21/7).

    “Pertama kegiatan sertifikasi kompetensi sub sektor seni musik ini merupakan yang pertama kalinya di Karawang. Pelaksanaan tahun ini kolaborasi antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Musisi Indonesia yang berdudukan di Jakarta. Kategori penyanyi vokal solo pesertanya variasi, jadi ada 3 kategori. Pertama vokal solo, ke dua musisi, ketiga juri musik. Untuk pelaksanaan ini memang lembaga yang berhak melaksanakan sertifikasi itu LSPMI. Hari ini untuk 20 orang kategori musisi tradisional, ada 22 orang peserta kategori juri, 20 orang kategori vokal solo dan untuk musisi modernnya besok,” ujarnya.

    Kuota peserta yang dapat mengikuti ujian ini hanya untuk 100 orang. Pelaksanaan ujian tersebut bertujuan agar musisi di Karawang mendapatkan pengakuan di tingkat nasional. Selain itu agar dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas bagi semua musisi. Ia mengaku untuk uji kompetensi tersebut pertama kali diadakan di Karawang.

    Asesor musik tradisional, Yuda Prayitno mengungkapkan peserta yang hadir di dominasi oleh musisi tradisional. Ia menyatakan, musisi tradisional di Karawang mempunyai kemampuan yang dilatih secara otodidak. Kemudian untuk kemampuan dari peserta kategori musisi tradisional telah dinilai kompeten.

    “Untuk peserta di Karawang ini lebih dominan musik tradisional. Para peserta ini di dominasi oleh kemampuan yang otodidak, walaupun kemampuan mereka otodidak namun kemampuan musikalisasi nya luar biasa dan kompeten. Mereka sangat menguasai, menurut saya musisi tradisional di sini sudah seharusnya tersertifikasi. Supaya bisa ke luar, bisa menciptakan inovasi baru seperti di Pantura ada ciri khas kendang dan koplo nya. Di jaman sekarang kalau kita hanya berkutat di musik tradisi hanya berada di komunitasnya saja,” ungkapnya.

    Saat penilaian, ia memberikan nilai untuk musisi instrumen kecapi hingga rebab. Ia mempunyai harapan agar semua musisi di Karawang dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Ia menegaskan kembali untuk musisi tradisional Karawang telah diberikan nilai kompeten

    “Kami berharap untuk musik tradisional harus bisa nasional hingga internasional karena yang diminta dari kebudayaan itu musik tradisional. Kalau saya tadi menilai instrumen musik kendang, rebab, kecapi. Menurut pengamatan saya, mereka sudah kompeten. Harapan kami sebagai asesor, pelaku musik tradisional dapat meningkatkan ekonominya karena seniman sekarang itu bisa menjadi profesi bukan hobi,” tegasnya. ( faktajabar.co.id )

Team LSP Musik Indonesia baik sebagai Narasumber PBK ( Pelatihan Berbasis Kompetensi ), Asesor Uji Kompetensi Musik maupun Admin adalah sebagai berikut :

  • Bp Jhony Maukar ( Direktur LSP MI & Narsum )
  • Ibu Mila Rahmawati ( Master Asesor & Narsum )
  • Bp Yuda Pra ( Asesor & Narsum )
  • Bp Steve Handoyo ( Narsum )
  • Ibu Roly Starlight ( Narsum )
  • Bp Cendy Luntungan ( Asesor )
  • Bp Puguh Krebo ( Asesor )
  • Bp Dedy Reinaldi ( Asesor )
  • Bp Fitra Barnas ( Asesor )
  • Bp Obrin ( Asesor )
  • Ibu Evi ( Asesor )
  • Bp Tamam Husein ( Asesor )
  • Bp Amiroez ( Asesor )
  • Kak Dayang ( Admin LSP MI )
DOKUMENTASI :











Komentar

Postingan Populer